Latest: Add Latest Article Here | Recommended: Add Recommended Article Here
Subscribe For Free Latest Updates!

We'll not spam mate! We promise.

Tuesday, August 8, 2017



Pengertian Hosting Dan Jenis-Jenisnya

Hosting adalah salah satu aspek terpenting dalam membangun website atau blog. Hosting tidak sebatas sebagai media storage, hosting memiliki fungsi yang lebih luas khususnya berkaitan dengan stabilitas performa website.
Kualitas hosting sesuai dengan tingkat kebutuhan website bersangkutan akan menjadi salah satu barometer penting sukses-tidaknya seseorang dalam mengembangkan sebuah website, baik itu website forum, website komunitas maupun website berita.
Seiring dengan berjalannya waktu, banyak bermunculan perusahaan-perusahaan penyedia layanan web hosting dengan berbagai macam strategi marketing yang mereka terapkan untuk mejaring konsumen. Dan di pihak konsumen, mereka harus bersikap lebih jelih dalam menentukan pilihan karena tidak semua penyedia layanan web hosting sanggup memberikan layanan sebaik yang mereka sampaikan.
Web hosting memiliki peran vital dalam proses pengembangan website. Anda membutuhkan kualitas server yang baik dengan jaminan stabilitas performa yang dapat diandalkan, sehingga website Anda akan terhindar dari beragam masalah seperti website lambat dimuat, tidak bisa diakses atau masalah keamanan.
Pengertian Web Hosting
      Secara sederhana, web hosting dapat diartikan sebagai almari online. Dalam pengelolaan website atau blog Anda tentunya membutuhkan sebuah media penyimpanan untuk menampung data atau file-file website Anda mencakup teks, gambar, atau video, dan file-file website tersebut ditampung di web hosting.
Bergantung pada jenis paket hosting yang Anda sewa, kapasitas penyimpanan setiap paket hosting berbeda satu sama lain. Untuk kapasitas shared hosting, kapasitas ruang penyimpanan yang diberikan penyedia layanan web hosting biasanya berkisar antara ratusan MB (megabytes) hingga GB (gigabytes).
Setiap perusahaan layanan web hosting menyediakan paket hosting yang berbeda satu sama lain, paket shared hosting juga tersedia dalam banyak varian, termasuk paket hosting unlimited. Adapun harga sewa untuk paket shared hosting unlimited secara umum relatif lebih mahal jika dibandingkan layanan yang menggunakan kuota. Namun, sejumlah faktor lain juga ikut menentukan mahal-murahnya harga paket hosting.
Fungsi Web Hosting
Secara umum, fungsi web hosting tidak lain adalah untuk menampung data-data atau file website. Pada dasarnya, setiap file baik itu teks, gambar ataupun video yang Anda upload di website Anda tidak akan bisa diakses oleh pengunjung tanpa adanya web hosting. File atau data-data tersebut ada dan dapat diakses oleh pengunjung karena file atau data-data tersebut memiliki media storage yang tidak lain adalah web hosting.
Namun demikian, cakupan fungsi web hosting sebenarnya relatif luas dan tidak sebatas menjadi media storage. Hosting memiliki tugas untuk memberikan performa terbaiknya melalui server yang digunakan. Sebut saja server memiliki stabilitas buruk karena dukungan hardware yang tidak sesuai standar, maka hal ini akan berimbas pada website-website yang di covernya. Website-website tersebut akan mengalami sejumlah masalah, seperti loading lambat, sering tidak bisa diakses, dan sejumlah masalah terkait lainnya.
Jenis-jenis Web Hosting
      Seiring dengan tumbuh-pesatnya perkembangan teknologi dimana media online seperti website, blog, atau forum menjadi rujukan banyak orang, layanan web hosting terus melakukan pembaharuan guna menyesuaikan dengan tingkat kebutuhan. Kemudian, hadirlah beragam varian layanan web hosting dengan sederet keunggulan yang ditawarkan.
Beberapa jenis web hosting, diantaranya adalah sebagai berikut:
Shared Hosting
Shared hosting adalah level kelas hosting paling bawah. Namun, hal ini juga bergantung pada provider atau perusahaan penyedia layanan hosting bersangkutan dimana mereka menggunakan teknologi dan dukungan hardware yang berbeda antara satu dengan perusahaan lainnya.
Shared Hosting menggunakan server tunggal untuk melayani banyak website. Harga sewa shared hosting umumnya lebih murah dari jenis-jenis paket hosting lainnya karena website client menggunakan server yang sama dengan website-website lainnya. Karena berbagi server, maka shared hosting biasanya banyak mengalami masalah seperti loading lambat atau tidak bisa diakses ketika terdapat salah satu atau beberapa website dalam satu jaringan server yang terlalu banyak memakan resource.
Cloud Hosting
     Cloud Hosting adalah sebuah tipe layanan web hosting yang yang lebih powerful, scalable, dan reliable berdasarkan clustered load balanced server dan utility billing.
Setiap website yang di host pada sistem cloud ini akan lebih reliable dari layanan shared hosting pada umumnya karena komputer lain yang berada pada cloud dapat mengimbangi jika ada salah satu hardware yang rusak. Jika pada shared hosting sering dijumpai kasus server tumbang karena adanya masalah pada sektor hardware, maka dengan sitem cloud hal ini sangat sering terjadi mengingat komputer lain akan menjadi backup.
VPS Hosting
     Virtual Private Server  atau yang disingkat VPS, adalah sebuah tipe hosting yang menggunakan sistem virtualisasi. VPS sebenarnya masih berupa shared hosting, namun VPS memiliki performa yang lebih cepat dan stabil karena client (website) diberikan resource yang lebih besar sesuai dengan tingkat kebutuhan website bersangkutan.
Dengan jaminan performa yang lebih baik dari shared hosting maupun cloud hosting, harga sewa VPS jauh lebih mahal dari shared ataupun shared hosting. Website yang menggunakan layanan VPS ini pada umumnya adalah website besar yang sudah menghasilkan profit secara berkelanjutan.
Dedicated Server
     Dedicated Server adalah tipe web hosting kelas atas. Dedicated Sever atau yang juga disebut Suite Hosting merupakan layanan web hosting berstandar tinggi untuk menjamin stabilitas performa sebuah website dengan jumlah kunjungan yang begitu besar setiap harinya.
Dedicated Server, merupakan layanan web hosting yang menggunakan server secara keseluruhan. Anda dapat menggunakan server tersebut untuk testing aplikasi, layanan web hosting, serta layanan digital lainnya. Adapun penggunaan Dedicated Server ini relatif mudah, Anda dapat meremotenya dari seluruh dunia, dan juga bisa mengaksesnya dari seluruh dunia secara cepat. Pada layanan Dedicated Server, tersedia pilihan control panel yang dapat membantu aktivitas Anda dalam menggunakan Dedicated Server sesuai kebutuhan.
download disini "doc nya"

thank "qurrota a'yun"

yang tidak mengerti silahkan berkomentar!!!!

0 comments :

Post a Comment



Copyright © 2017 - new dark - All Rights Reserved
(Articles Cannot Be Reproduced Without Author Permission.)
Design By : Safedark & dark | Powered By: Blogger